• Senarai

    "Tugas kemanusiaan kita sebagai hamba Tuhan adalah jujur," itu salah satu prinsip hidup yang membimbingku meniti kehidupan.

    Jujur berarti kita membuka hati dan pikiran kita selapang-lapangnya, tanpa pretensi apapun saat menjalani kehidupan. Jujur berarti tak memiliki setitik apapun yang kita sembunyikan dari Tuhan dan juga manusia. Jujur adalah menyatakan apa-adanya, walaupun itu mungkin merugikan kepentingan pribadi kita dan kelompok kita.

    Setelah jujur, kita belajar bersetia dengan kejujuran kita. Tak mudah untuk bersetia, sebab banyak hal yang berusaha merintangi kita. Itu mungkin kepentingan kita, ketakutan kita, keinginan kita, atau apapun yang melekat dalam diri kita. Di dalam kesetiaan, kita berusaha agar setiap keputusan kita tidak didorong oleh ketakutan atau keinginan, tetapi oleh nurani yang jujur itu.

    Dan sebagai pondasi dari kejujuran dan kesetiaan adalah kecintaan kita yang utuh kepada Tuhan, kebenaran, dan kemanusiaan. Tak ada pretensi buruk apapun yang boleh bersemi di hati dan pikiran kita, bahkan terhadap orang yang bersikap jahat dan memusuhi kita.

    Melalui blog ini, aku sedang belajar jujur dan bersetia dengan nuraniku.

Besok Senin (5/5) SKB akan dikeluarkan?

Menurut media, besok SKB mengenai Ahmadiyah akan dikeluarkan. Isu mengenai pengeluaran SKB itu semakin santer dan kemungkinan besar terealisir.

Isunya sekarang bukan SKB (karena hampir dipastikan SKB akan keluar), tetapi apa isi SKB-nya? Selain MUI dan FUI yang bersuara keras meminta pembubaran Ahmadiyah, ada kelompok nasionalis-religius yang menginginkan agar negara tetap berada dalam jalur Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi akar pendiriannya. Jika Ahmadiyah dianggap sebagai urusan umat Islam (sehingga umat lain tak boleh turut campur), maka negara memang tidak sepantasnya terlibat. Biarkan umat Islam memutuskan dan Fatwa MUI sudah lebih dari cukup.

Tetapi jika MUI dan FUI meminta negara untuk terlibat dalam urusan Ahmadiyah ini, maka MUI dan FUI harus membuka diri bahwa semua komponen negara boleh terlibat dalam pembahasan masalah ini. Sebab, ini terkait dengan negara dan warga negara, yang isinya bukan hanya MUI, FUI dan kelompoknya saja.

Tarik-menarik kuat sedang terjadi. Berita di Jakarta Post ini mewakili tarik-menarik keputusan yang sedang terjadi.

Berita mengenai rencana pengumuman ini dimuat di:
Harian Republika
The Jakarta Post

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: